Selasa, 29 November 2011

Internet membuat hidup XLangkah lebih maju! Gak ada internet seperti katak dalam tempurung..

Ini pengalaman nyata yang saya alami sebagai mahasiswa. Internet disini, saya asosiasikan dengan BlackBerry dan kemudahan di dalamnya. Saya konsisten untuk tidak menggunakan BB sebelum saya lulus dan bekerja. Keukeuh saya berpegang teguh untuk tidak tergoda untuk membeli karena biaya bulanan untuk menghidupi BB udah berat, belum pulsa internet yang juga menyedot rutin tiap bulan. Tetapi ternyata, ada kejadian yang membuat saya tergoda sekali untuk membeli BB agar internet yang menghubungkan saya ke jejaring sosial bisa lancar tanpa hambatan (perlu nyalain laptop, nunggu laptop loading, masukin modem, harus duduk dan cari tempat pewe, dll).

1. Kejadian pertama adalah ada info workshop yang disebarluaskan melalui BBM, praktis teman-teman yang ber-BB sudah tahu dan mempersiapkan semuanya, sedangkan saya tahu 1 jam sebelum batas pendaftaran ditutup!

2. Kejadian kedua, berita tentang keadaan dosen yang berasal dari daerah yang sama dengan saya. kebetulan beliau sakit parah hingga kemudian meninggal. Saya tahu dari teman saya yang punya BB dan kemudian memberitahukan berita tersebut.

3. Kejadian ketiga adalah workshop juga, kali ini saya tahu setelah 1 hari pendaftaran ditutup!

4. Kejadian keempat workshop yang hampir sejenis, saya tahu dari teman saya yang ber-BB juga dan saya sempat mengajukan aplikasi sekalipun akhirnya tidak terpilh untuk mengikuti workshop.

5. Kejadian kelima, tugas yang saya buat dengan bagus sebanyak 7 halaman, ternyata dosen hanya meminta 3 halaman! Dan info ini tersebar malalui Tweeter yang sanya jarang buka dan anak-anak yang ber-BB yang selalu OL-lah yang tahu. Dan saya harus kalang kabut ke kosan lagi untuk ngedit dan ngeprint ulang!

6. Kejadian keenam, berita meninggalnya Dekan saya dan perihal rumah dukanya, tersebar melalui internet yang dengan mudah diakses oleh anak-anak yang ber-BB dari pada disebarluaskan memalui sms!

7. Kejadian ketujuh, saya harus ketinggalan latihan badminton mingguan karena info tersebar melalui tweeter dan gak lewat sms seperti dulu. Mereka malas ngirim sms yang menyedot banyak pulsa!

8. INFO SOAL UJIAN!!! dan diskusi-diskusi seputar materi yang akan keluar. Benar-benar membuat iri :(

9. Beasiswa, kesempatan magang, tersebar di tweeter yang saya jarang membukanya!

Yah, internet yang sekarang tersempitkan artinya ke BB memberikan kemudahan bagi para pemegangnya. Ada info magang, tinggal di lengkapi syarat-syaratnya dan apply lah. Ada info beasiswa, yang paling pertama tahu sehingga bisa cepat-cepat mempersiapkan diri. Dosen lama gak masuk kelas, tinggal BBM aja tuh dosen dan datanglah kabar kepastian apakah kelas ada atau dibatalkan. Detil tugas dan makalah, BBM aja dosen dan akan membalas dengan sangat cepat dari pada yang mengirimkan sms atau telfon langsung. Saya merasakan perbedaan yang sangat antara yang punya BB dan tidak, terutama masalah informasi yang faktual dan update!

Internet memang sekarang menjadi kebutuhan. Siapa yang punya sarana tercepat kesana, dia yang akan mendapat kemudahan selangkah lebih maju dari pada orang-orang yang tidak memiliki akses atau yang kesulitan mengakses. Saat ini BB menjadi alat utama itu, dan yang tidak punya BB seperti saya, harus bersabar dan memutar otak dua kali agar mendapat info yang sama dalam waktu yang agak sedikit lebih lambat tetapi masih punya peluang untuk mengejar. Yah, internet (BB) memang membuat penikmatnya XLangkah Lebih Maju!!!!! Sabar :D

1 komentar:

Riqo ZHI mengatakan...

Jujur, memang berat untuk membiayai internet, tetapi itu harus dilakukan, karena sudah menjadi kebutuhan primer, dan membuat kita XLangkah Lebih Maju! Teruskan perjuangan!