Selasa, 20 Mei 2008

Pulang ke Kampung Halaman

Sabtu, 17 Mei aku pulang ke rumahku, Blitar. aku bareng Vivin pulange, sebab rumahku melewati rumahe Vivin. Enak gitu jadine, lebih cepet, dan lebih murah tentunya. Hehehe... tau aja gimana kantongnya anak kosan. Ya, seret-seret mepet ngepres giti deh. Harap-harap cemas bisa bertahan hidup apa enggak ya...
Tetapi memang bukan rezekiku mungkin, sejak dari Kediri aku sudah ngantuk puuoool, dan ngantukku benar-banar gak bisa di tahan lagi. Dan jadilah aku tekalak tekluk di atas motornya Vivin. Sampe kita diolok-olok sama tukang yang ada di atas truk, "mbak, temene ngantuk jatuh lho ntar","Mbak, temene ngantuk lho, titipin sini aja deh mbak". Dan bermacam-macam selentingan gara-gara aku ngantuk di jalan raya pas boncengan motor. Tapi, whatever lah namanya juga ngantuk, aku tetep aja nutup mataku dan "siut", aku terlonjak kaget terbangun, sediit agak lumayan tersadarkan dari rasa kantuk. Tapi ya untuk sementara waktu aja, habis itu kembali lagi ke acara normalku buat bersiat siut di tengah jalan raya. Jalan bis gitu lho, yang rame banget dan yang lewat kebanyakan adalah kendaraan-kendaraan monster alias kendaraan super guede yang kalo nindes orang sudah bisa dipastikan dia akan lumat berkeping-keping. Lalu dilanjutkan dengan Vivin yang mencubit-cubit kakiku di suruh bangun dan tersadar. Hahahaha... aku membayangkan mennjadi Vivin saat itu, pasti dia harap-harap cemas memikirkan kselamatanku. Sebenarnya aku juga membayangkan yang macam-macam, kalo jatuh gimana, kalau tertindas bis gimana, tapi mau lakukan apapun sang rasa kantuk tetep aja menyerangku bertubi-tubi. Ya akhirnya aku nyerah deh dan membiarkan diriku terlena dalam buaian kantuk dan sepoi angin di jalanan kendaraan raksasa. Maaf banget ya Vin udah merepotkan kamu banyak banget. Hehehehe...
Sudah habiskah petualangan konyolku hari itu? Belum ternyata. Masih puanjang dan buanyak banget. Setelah nyampe di Ngantru dan kebetulan ada bis yang lagi mejeng menunggu penumpang yang terhormat, aku langsung di turunkan sama Vivin, dia bilang "Meduko ae tong, aku wedi nggonceng awakmu, iku enek bis ndang numpako". Dengan wajah yang sayu dan setengah ngantuk aku mengangguk dan bilang terimakasih keVivin. Aku yakin dia merasa terbebas dari himpitan tekanan monster pencabut nyawa yang kejam banget(heheeh, hiperbolis banget ya). Tapi wajar lho kalau dia merasa plong, namanya juga mengemban amanah nyawa anaknya orang lain. Siapa yang gak takut coba?
Setelah itu aku naik bis, lalu duduk di deketnya jendela di sisi kanan barisan bis. Lalu, apa yang kulakukan setelah duduk? Sudah pasti bisa ditebak kan????
"SLEEPING"
"HIBERNASI BERSAMBUNG"
"MOLOR"
Dan beragam istilah yang menggambarkan kebiasaan tidur di luar batas kewajaran silahkan kalian berikan padaku iti tidak masalah, karena aku akan menerimanya dengan lapang dada. Namanya juga bawaan dari lahir mau gimana juga selain menerimanya dengan lapang dada dan berusaha merubahnya sedikit demi sedikit? Tahukah kaliankarena keasyikan tertidur aku kebablasen untuk kesekian kalinya dari Srengat. Seharusnya aku kan turun disitu, tetapi karena aku ketiduran klewat deh tempatnya. HAAAAA........Sebel-sebel gimana gitu sama diriku sendiri, lha habisnya berbagai macam kecerobohan sudah aku lakukan dalam mingggu-minggu terakhir ini. Bukankah itu sebuah hiper ceroboh? Jadi deh aku turun di Blitar kota. Deketnya rel-rel kereta api.
Saat itu mataku baru ku buka buat menatap dunia.
"Eh, ini udah nyampe mana ya?"
"Kok ada rel kereta api ini dimana ya? Apa mungkin ini masih di Ngadiluwih? Ah, gak mungkin deh kayake, ini kalau gak salah udah nyampe....Blitar Kota..." Dan kemudian,
"Kiri Pak" aku langsung menyuruh pak sopir buat berhenti. Lalu turun, dan mataku yang gak pake kacamatapun rasane mblele-mblele gimana gitu, gak enak banget deh. Maklum, kacamataku masih di Panti Rehabilitasi karena untuk yang berkali-kalinya my glasses pecah(MY TOP RECOR). Hadheh, sampe puyeng aku merasakan diriku sendiri.

Habis itu aku naik kol biasa ke Srengat. Puffff, lega banget bisa dapat kendaraan umum buat pulang. Gak mungkin kan jalan sejauh itu? Aku bakalan pingsan begitu nympe rumah. Dalam hati aku mengkalkulasi buat biaya pulang hari ini, ternyata lebih mahal dari yang seharusnya. Mana aku gak bisa tidur dengan pulas, makane sampe kebablasen. Seandainya tetep keblablasen kan aku udah dapat waktu tidur yang lumayan banget kan? Gak bareng lagi deh sama kamu Vin(mau bareng gimana? Vivin lusa udah berangkat ke Surabaya buat intensif. Weeeeeekkk).
Masih banyak yang pengen aku lakukan dan tuliskan disini, tapi saat ini aku bener-bener lapar dan haus dan ngantuk, jadi lain kali aja ya nulis di sini? Nanti sore juga insya allah nulis lagi. Konsentrasiku udah terpecah belah. Aku juga masih pengen menyel;esaikan erpen buat lomba. Semoga Allah memberiku kekuatan untuk menyelesaikannya. Amiiin.

Tidak ada komentar: